Departemen Keislaman

By Unknown - Desember 01, 2016

Departemen Keislaman memiliki Ketua yang bernama Putri Suci Haruni dari Farmasi 2014. Departemen ini memiliki program kerja dan aktifitas kerja,  yakni sebagai berikut:
               
1.     Mentoring Wajib & Lanjutan
Aktivitas kerja ini di mulai pada 1 Oktober 2016 dan mentoring lanjutan setelah pesantren dengan sasaran seluruh mahasiswa baru F-MPA yang bertujuan untuk mengasah sejauh mana kemampuan seseorang didalam membaca Al-Qur’an,  Memberantas kebodohan dalam qiroatul Qur’an karena apabila ayat Allah SWT dibaca salah, maka salah pula arti yang terkandung di dalamnya,  Menyalurkan ilmu, karena Allah telah memerintahkan bahwasanya “Sampaikanlah ilmu walau satu ayat”, dan  sebagai pembekalan pengetahuan mengenai Agama Islam yang kuat dengan bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits yang sohih. Yang ditanggungjawabi oleh Anna Raudah dari Farmasi 2015

2.     Keputrian
Aktivitas kerja ini rutin dilaksanakan setiap hari jum’at, pukul 11.30 s/d 13.00 WIB dengan sasaran seluruh mahasiswi F-MIPA yang bertujuan untuk menjalin ukhuwah yang erat antar muslimah F-MIPA, menjadi media bagi mahasiswa F-MIPA untuk mengikuti kegiatan yang bisa mengisi waktu luang, menambah ilmu yang bermanfaat mengenai agama islam, Membentengi diri dari maraknya pergaulan bebas khususnya kaum akhwat, Menjadikan pribadi yang bermanfaat salah satunya sebagai pengingat kaum . Yang ditanggungjawabi oleh Tia Aulia dari Farmasi 2015.

3.      TR TFL (The Real Training For Mentor)
Aktivitas kerja ini dilaksanakan kondisional dengan sasaran seluruh mahasiswa baru F-MIPA yang bertujuan untuk melakukan Training for Mentor dan membantu ketidaktahuan pementor dalam menjalankan tugas. Yang ditanggungjawabi oleh Achmad Syarif W.

4.      Tabligh Akbar
Program kerja ini akan dilaksanakan pada 25 April 2017 dengan sasaran seluruh civitas akademika Unisba dan seluruh masyarakat umum, terutama yang berdomisili disekitar wilayah kampus Unisba yang bertujuan untuk memperluas wawasan islam, mempererat ukhuwah islamiyah dan silaturahim, menjadikan warga Unisba tidak hanya berpengetahuan di bidang akademik, melainkan di bidang kerohanian. Yang ditanggungjawabi oleh Rizska Della Shafira.

5.      Jum’at Syar’i
Aktivitas kerja ini dilaksanakan setiap hari jum’at dengan sasaran seluruh akhwat dan ikhwan pengurus BEM F-MIPA yang bertujuan untuk mengingatkan agar mahasiswa Unisba khususnya F-MIPA untuk berpakaian sesuai syariat islam dan diharapkan agar mahasiswa nantinya memakai pakaian syari sebagai pakaiannya sehari-hari . Yang ditanggungjawabi oleh Rizska Della Shafira.

6.      Siraman Rohani Online
Aktivitas kerja ini dilaksanakan 1 minggu sekali, setiap hari Jum’at dan pada hari besar Islam dengan sasaran seluruh mahasiswa F-MIPA yang bertujuan sebagai pengingat untuk terus melakukan kebaikan, sebagai media pengamalan ilmu agar menjadi ilmu yang bermanfaat, memperluas wawasan mengenai agama islam, memanfaatkan media online untuk menyampaikan dakwah islam. Yang ditanggungjawabi oleh Afnan Syihabuddin.

7.      Mushola Pintar
Aktivitas kerja ini dilaksanakan kondisional dengan seluruh civitas akademika F-MIPA yang untuk menjaga kebersihan dan keindahan mushola ikhwan dan akhwat dan memberikan kenyamanan pada saat beribadah. Yang ditanggungjawabi oleh Lisvia Aryanti Ritana.

8.      Memperingati Maulid Nabi (Lomba Mewarnai, Lomba Tahfidz Al-Qur’an, Lomba Kaligrafi, Lomba Adzan)
Program kerja ini akan dilaksanakan pada 23-24 April 2017 dengan sasaran anak-anak sekitar Unisba usia PAUD - 6 SD yang masih aktif mengaji yang bertujuan uuntuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW di kalangan anak-anak dengan cara memperingati Maulid Nabi melalui perlombaan yang sesuai. Yang ditanggungjawabi oleh Muhammad Alpin D.

9.      Tahajud Call
Aktivitas kerja ini dilaksanakan setiap hari senin, seminggu sekali dengan sasaran Pengurus BEM F-MIPA yang bertujuan sebagai pengingat sesama muslim untuk melakukan ibadah termasuk ibadah sunnah, Sebagai media ammar ma’ruf, Menjalankan perintah Allah untuk mendirikan shalat, Menjalankan sunnah Rasulullah untuk mendirikan Qiyammul Lail menjadi ilmu yang bermanfaat, memperluas wawasan mengenai agama islam, memanfaatkan media online untuk menyampaikan dakwah islam. Yang ditanggungjawabi oleh Muhammad Alpin D.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar